14 Bisnis Digital dan Bisnis Rintisan Populer dari Alumni MMUGM

 

Jika di USA, Stanford adalah kampus yang banyak melahirkan bisnis digital seperti Linkedin, Google, dan sebagainya, di Indonesia, Universitas Gadjah Mada mungkin bisa dibilang salah satu dari beberapa kampus yang memiliki top leader di dunia bisnis digital. Berdasarkan acara Networking Days MMUGM Alumni Forum, 8 September 2017 lalu, berikut beberapa start-up digital yang lahir dari pemikiran-pemikiran jenius alumni mereka;

1 . GAMATECHNO

Siapa tidak kenal GAMATECHNO? Perusahaan digital nasional yang ada sejak tahun 2005 ini, menjadi pilihan pertama bagi seluruh mahasiswa di Yogyakarta yang ingin magang tentunya. Perusahaan penyedia solusi teknologi ini, didirikan oleh M. Aditya (EKS.JOG.10). Berawal dari pengembangan sistem informasi kampus, kini mulai berfokus pada pengembangan kota pintar, dan berkolaborasi dengan beberapa korporasi seperti Telkom Indonesia dan Pertamina.

2 . AINO

Berawal dari pengembangan sistem tiketing elektronik GAMATECHNO, AINO menjadi unit mandiri dan berfokus pada layanan finansial teknologi. Fokus pengerjaan perusahaan digital ini adalah pengembangan uang elektronik, yang kini sudah dapat digunakan oleh beberapa perusahaan pengelola moda transportasi darat, perguruan tinggi, sekolah, institusi pemerintah, perbankan, taman hiburan, dan korporasi. AINO dipimpin oleh Syafri Yuzal (EKS.JOG.12).

3 . SALESTOCK INDONESIA

Bagi Anda seorang wanita penggemar belanja baju online, pasti tidak pernah melewatkan Salestock Indonesia. Konsep dasar dari bisnis ini adalah menjual pakaian dengan harga yang affordable secara online. Didirikan oleh Lingga Madu (REG.JOG.55), start-up ini telah mendapatkan pendanaan dari beberapa evangelist dari Singapore dan pemodal ventura, yang kini sudah memasuki seri B untuk pengembangan pasar. Beberapa pakaian yang dijual adalah pakaian wanita, namun bisnis ini mulai merambah pada segmen laki-laki. Anda bisa mengunjungi salestockindonesia.com untuk melihat produk yang dijualnya. 

4 . JAKPAT

JAKPAT ini merupakan aplikasi survei di Indonesia. Didirikan oleh M.R. Anggit Tut Pinilih (REG.JOG.54) melalui PT. Gongsin Internasional Transindo, JAKPAT ini telah dimanfaatkan oleh lebih dari ratusan ribu responden, dan ratusan korporasi sebagai pelanggan B2B. Bisnis ini sudah berjalan sejak 2014 lalu. Anggit sendiri telah berpengalaman dalam membangun berbagai aplikasi seperti MbakDiskon.com dan JOIN Alumni. Ide dari aplikasi ini adalah menghubungkan pemberi survei (surveyor) dengan responden secara online dan realtime. Survei yang ditawarkan sangat menarik, dari info personal, gaya hidup, transportasi, kesehatan, hingga masalah financial. Untuk menggunakan aplikasi JAKPAT, Anda dapat mengunduhnya di Google Playstore, dan melakukan login menggunakan facebook. Hasil survei tersebut, dapat dilihat di website resmi JAKPAT, www.jakpat.net.

5 . LEXIPAL

Peduli dengan diseleksia? Aplikasi ini seperti malaikat bagi para penyandang diseleksia anak-anak, yang memungkinkan mereka dapat belajar dengan mudah. Start-up yang didirikan Mega Aisyah Nirmala (REG.JOG.60) dan beberapa mahasiswa UGM lainnya, telah sukses memenangkan berbagai kompetisi, dintaranya Mandiri Technopreneur, GSVC, dan SCTV Award 2016. Lexipal sendiri telah dikembangkan sejak tahun 2011, dibawah PT. Nextin Indonesia, bersama Asosiasi Diseleksia Indonesia. Ide dasar dari Lexipal ini adalah membantu anak-anak belajar membaca, yang dikhususkan untuk usia 5 – 7 tahun atau pra-sekolah. Lexipal ini memiliki dua versi yaitu versi software desktop (offline) dan versi online. Anda bisa mengunjunginya di website resmi lexipal, www.lexipalindonesia.com, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

6 . SATULOKET

SatuLoket.com merupakan portal pembayaran online satu tempat , yang memungkinkan para penggunanya melakukan berbagai pembayaran seperti pembelian pulsa, token PLN, bayar tagihan paska bayar, dan internet. Didirikan oleh Akbar Faisal dan Zoelly’s Fix Nurfadholi (REG.JOG.60) sebagai founder, pada awal tahun 2015, mereka optimis bahwa layanan ini akan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis maupun personal, dan dapat bersaing di industri e-commerce. Konsep dari bisnis ini adalah membantu para pengguna dalam mengelola pengeluaran rutin bulanan, seperti berbagai tagihan dan pulsa, dalam satu tempat, dan membayarkannya secara langsung. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu mendownloadnya karena website SatuLoket.com dapat dibuka di semua browser, baik di handphone, tablet, maupun desktop.

7 . INOFARMA

INOFARMA merupakan plaftorm software as a service (SAAS) yang memungkinkan para pemilik apotek untuk dapat menghitung kebutuhan dan mengelola ketersediaan obat dan perlengkapan medikal lainnya secara mudah. INOFARMA ini merupakan produk dari INOLABS, dan sudah memiliki pasar tersendiri bagi para apoteker di seluruh Indonesia. Dian Mitra Widiansyah (REG.JOG.62), merupakan pendiri dari bisnis ini. Pada awalnya, Dian dan beberapa temannya mengerjakan proyek untuk sebuah rumah sakit, dan kemudian mereka mulai mengembangkannya untuk rumah sakit ataupun apotek lainnya. INOFARMA sendiri sudah ada sejak tahun 2011.

8 . MAMIKOS

Sulitnya mencari kos di kota lain, menjadi kendala bagi para pendatang, baik mahasiswa maupun pekerja. Ini yang ditangkap oleh Anggit Tut Pinilih (REG.JOG.54) untuk dicari solusinya melalui aplikasi dan website. Berdiri pada tahun 2014, Mamikos kini sudah tersedia di beberapa kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bekasi, dan beberapa kota besar lainnya. Mamikos memungkinkan pengguna untuk mencari kos berdasarkan wilayah, harga, dan fasilitas kamar. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungi pemilik kos melalui aplikasi tersebut.

9 . KULINER YOGYA

Siapa tidak suka kulineran? Berawal dari pengusaha kuliner, Arief Budiman (REG.JOG.55) membangun platform direktori dan informasi khusus untuk kuliner di Yogyakarta. Mulanya, KulinerYogya berawal dari instagram, dan seiring berjalannya waktu, bisnis ini memiliki banyak pengikut sebanyak 226.000, dan mengembangkannya ke website dan youtube. Pada dasarnya, bisnis ini adalah dalam kategori media. Kuliner Yogya sendiri sekarang dipercaya oleh GoFood dan beberapa penyedia layanan kuliner, untuk merekomendasikan tempat makan dan makanan mana yang enak di Yogyakarta.

10 . DEALJOGJA

Berkembang dari banyaknya peminat diskon, Arief Budiman (REG.JOG.55 – yang juga founder dari KulinerYogya), membuat layanan diskon agregator DealJogja. Di DealJogja, para pengguna dapat memanfaatkan diskon-diskon terkini yang sedang berlangsung di Yogyakarta. Bisnis yang didirikan di awal tahun 2017 ini sudah banyak memiliki yang memberikan diskon menarik.

11 . MUSSY.CO

Banyaknya musisi yang ada di Indonesia ini menjadi inspirasi Mussy.co untuk mengembangkan bisnis manajemen artis secara online. Mussy.co menghubungkan para musisi dengan para penyelenggara acara, dan layanan ini adalah layanan marketplace. Para musisi diminta untuk mengumpulkan profil dan sampel rekaman secara daring, dan nantinya, Mussy.co akan membantu menghubungkan kepada penyelenggara acara. Alumni MMUGM yang berperan aktif dalam bisnis ini adalah Sigit B. Darmawan (EKS.JKT.24), yaitu sebagai komisioner dalam Mussy.co.

12 . SYARQ

SYARQ merupakan layanan finansial teknologi yang berfokus pada cicilan syariah. Wisnu Manupraba (EKS.JOG.21) sebagai CEO dan pendiri Syarq, percaya bahwa keuangan syariah memiliki pasar tersendiri. Konsep dasar dari layanan ini adalah membantu pengguna untuk dapat membeli barang secara mengangsur, tanpa bunga, tanpa kartu kredit, dan dengan prinsip syariah. Cara kerjanya, pengguna memilih barang di layanan belanja online terkemuka, kemudian mengisi form di website Syarq, dan selanjutnya tim Syarq akan mengurus pembayarannya. Nantinya tim pengguna dapat mengansur di Syarq setiap bulannya tanpa adanya tambahan bunga.

13 . JOGJARUNNING

Jogjarunning merupakan layanan gabungan antara olahraga, perjalanan, dan komersial, yang dikemas menjadi satu. Layanan ini, memungkinkan pengguna untuk berlari di tempat-tempat asik di Jogja, dan mendapatkan berbagai pengalaman asik dan menarik seperti layaknya travelling. Didirikan oleh Sri Wulandari (REG.JOG.60) pada 2015, Jogjarunning telah melarikan ratusan turis, dan kebanyakan adalah ekspatriat dari luar negeri. Dalam websitenya, anda dapat memilih arena lari di Kota, Alam (Trail, Candi atau Pantai), dan Gunung. Anda juga dapat memilih kilometer untuk berlari, dari 5K, 10K, hingga 21K. Ingin mencoba berlari bersama mereka?

14 . TITIPKU

Jika Anda menginginkan barang dari luar kota, namun tidak sempat membelinya, Anda bisa menggunakan layanan Titipku.com. Layanan berbasis website ini memungkinkan para pengguna untuk titip barang maupun dititipi. Nantinya, tim Titipku akan menghubungi untuk mengkonfirmasi pesanan. Setiyo Birowo (REG.JOG.59) merupakan pendiri dan CMO dari bisnis rintisan ini.

 

Banyak juga ya, Digital Start-Up dari MMUGM. Kita wajib bangga karena telah menjadi bagian dari kampus bisnis ini dan semoga memberikan inspirasi untuk dapat memiliki bisnis digital juga.

mm
Article By :