5 Cara Hemat Selama Bulan Puasa

hemat-ramadhan

Bulan puasa memang paling ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Meski di bulan puasa kita selalu diajarkan untuk selalu sederhana, namun kenyataannya, semua serba kebalikan. Karena di bulan puasa, secara tidak langsung kita mengeluarkan banyak uang untuk buka bersama, Tahukah kamu ada berbagai cara hemat selama berbuka puasa?

1 . Datang Pengajian Menjelang Buka Puasa di Masjid

Datang pengajian menjelang buka puasa di masjid, kenapa enggak? Disitu selain kamu dapat makanan gratis untuk berbuka, kamu juga bisa menambah ilmu keagamaan. Selain itu, kamu juga bisa menambah teman baru, sekalian mengisi waktu luang. Untuk dimana ada pengajian jelang buka puasa, sepertinya di setiap kampus atau masjid besar di masing-masing kota ada deh. Coba cek jadwal (dan menu-nya) di masing-masing masjid.

2 . Ikut Teraweh Keliling

Kalau Shalat Terawih keliling, memang tidak semua masjid menyediakannya, kecuali kamu juga ikut Tadarus Al-Quran hingga selesai. Tapi, kamu juga bisa coba ikut Terawih Keliling di kampus-kampus, kantor kamu, atau yang diadakan oleh bank-bank besar. Jangan salah juga, ternyata di Mall (salah satunya Kuningan City Mall Jakarta) juga mengadakan Tarawih Keliling. Ini juga lumayan, bisa menghemat uang makan malam kamu.

3 . Volunteer untuk Berbagai Kegiatan Ramadhan 

Beramal dengan cara menjadi relawan, juga membuat kamu hemat banget. Karena nantinya selain kamu dapat amal dan pengalaman, kamu juga bakal dapat jajan untuk berbuka, bahkan hadiah. Misalnya aja jadi panitia buka bersama di panti asuhan. Selain kamu nggak bayar, kamu bakal dikasih fasilitas sama penyelenggara acara tersebut.

4 . Manfaatkan Diskon dan Pasar Murah

Kalau diskon yang ini, sebaiknya ditahan dulu deh. Karena kalau nggak sabar, kamu nya nanti kalap beli barang, dan akhirnya berujung pemborosan. Tapi kalau kamu orangnya pintar dalam mengelola uang, berbagai diskon dan pasar murah (biasanya sembako), bisa jadi hal yang menguntungkan. Lumayan kan bisa buat bekal lebaran emak di kampung.

5 . Rajin Ikut Kuis dan Kontes Berhadiah

Mencoba untuk rajin ikut kuis dan kontes berhadiah juga nggak ada salahnya kok. Biasanya kontes-kontes dan kuis-kuis yang diadakan saat bulan Ramadhan sangatlah banyak. Salah satunya kontes foto instagram yang diadakan oleh tim SatuLoket. Kalau kamu beruntung, kamu bakal dapat banyak hadiah.

 

Itu cara hemat di bulan Ramadhan versi mimin. Bagaimana versi kamu? Share di comment ya.

mm
Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.