Apa yang Perlu Disiapkan Jelang Lebaran?

Jpeg

Lebaran semakin dekat, momentum kemenangan bagi umat Muslim ini sangat ditunggu. Setelah berpuasa, berzakat, mempersiapkan hati dan fisik untuk menyambut Lebaran, berikut ada tujuh hal yang juga kamu bisa lakukan di hari-hari persiapan Lebaran. SatuLoket merangkumnya sebagai berikut:

1. Kenyamanan mudik Lebaran.
Bila harus mudik tahun ini, siapkan perjalanan ke kampung halaman jauh-jauh hari. Pastikan kamu mendapatkan kejelasan itinerary perjalanan, mulai dari transportasi berangkat dan kembali. Tiket menjadi item terpenting dalam agenda mudik, pilih moda transportasi yang kamu rasa paling pas, sesuaikan dengan budget yang kamu punya, ketersediaan kursi di hari keberangkatan dan kepulangan, dan tidak lupa aspek keamanan.

2. Rencanakan pertemuan.
Rancang agenda pertemuan dengan keluarga besar atau kerabat yang lama tidak berjumpa. Lebaran adalah momen tepat untuk merayakan hari kemenangan sekaligus intimitas persaudaraan. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu dengan keluarga dan kerabat sembari berbincang-bincang, makan bersama, bahkan berpiknik.

3. Membersihkan, menata, menghias rumah supaya lebih cantik.
Ketiga hal ini jangan sampai terlupa dilakukan sebelum hari Lebaran tiba. Tidak hanya penghuni rumah yang bersiap diri, kondisi rumah pun perlu ditilik. Bersihkan seluruh area rumah. Bila di hari-hari biasa terdapat beberapa area yang tak terjamah alat-alat pembersih, khusus di hari menjelang Lebaran bersihkan ya. Sesudah membersihkan, tata rumah dengan baik. Kursi, meja, lemari, hiasan-hiasan dinding, perangkat elektronik, alat-alat makan, lampu-lampu, juga area kamar mandi atau toilet perlu ditata supaya tidak berantakan. Siapkan area yang direncakan menjadi tempat berkumpul keluarga dan kerabat lalu hias dengan tanaman-tanaman segar. Hias pula meja dan kursi dengan koleksi taplak dan kain-kain cantik untuk memperindah dan menambah nuansa lebih bewarna. Yang terpenting adalah libatkan keluargamu dalam aktivitas berbenah rumah, hal ini akan memantik komunikasi dan kedekatan keluarga.

4. Menyiapkan hidangan khas Lebaran.
Selain kue-kue kering, Lebaran juga identik dengan masakan nan lezat. Masakan Lebaran tidak hanya lontong opor atau sambal goreng hati, pilih menu favorit keluarga dan persiapkan dengan rinci. Bila perlu berbelanjalah kebutuhan-kebutuhan memasak di beberapa hari sebelum hari persiapan memasak. Simpan bahan-bahan basah di lemari kulkas. Kemudian buatlah daftar menu apa-apa saja yang akan dimasak dan dihidangkan saat hari H. Bila ingin menjajal sesuatu yang unik, kamu pun bisa melakukan twist dengan cara menghidangkan menu khas Lebaran lalu ditambahkan dengan masakan baru atau bahkan masakan khas daerahmu.

5. Memilih pakaian yang pantas.
Pakaian yang hendak dikenakan saat Lebaran tidak harus baru, lho. Pilih pakaian dari koleksimu yang ada di lemari. Cuci bersih, setrika, beri pewangi, dan siap dipakai. Meski pakaian Lebaran tidak baru, kamu bisa memadukan gaya supaya terlihat lebih fresh. Jangan lupa siapkan alat ibadah yang akan digunakan saat shalat Ied, mulai dari sarung, mukena, sajadah yang bersih dan wangi.

6. Menyiapkan uang pecahan.
Menyiapkan berbagai pecahan uang juga menjadi salah satu tradisi Lebaran. Uang pecahan bisa kamu dapatkan jauh-jauh hari sebelum hari H sebab bila semakin mendekati hari Lebaran antrian di bank bakal mengular. Bedakan pula nominal uang pecahan yang akan kamu berikan pada sanak-saudara, kerabat, tetangga dari yang berusia sekolah dan pra-sekolah. Ingin lebih berkesan, tidak ada salahnya memberikan uang pecahan ini di dalam amplop warna-warni.

7. Buat dan kirimkan salam.
Ada kalanya ucapan selamat Lebaran tidak bisa disampaikan langsung kepada pihak lain. Bila kondisi ini terjadi, kamu perlu memastikan supaya gadget-mu sudah terisi pulsa dan kuota Internet. Kamu pun bisa membelinya secara online dari SatuLoket. Mudah, cepat, praktis. Segeralah menelepon atau berkirim ucapan Lebaran kepada orang-orang tersayang. Mau lebih spesial? Kamulah yang mendesain sendiri ucapan selamat Lebaran. Jangan co-pas, ahh

Bila ketujuh hal ini kamu laksanakan, bisa dipastikan Lebaran tahun 2016 bakal berjalan lancar dan menyenangkan. Siapkan hati pula ya, supaya kembali fitri di hari raya, dan jaga kesehatan.

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.