Bayar Zakat Online – Mengapa Tidak?

ClYEYKAVEAEi64G

Foto oleh Rumah Zakat

Bayar zakat memang sudah kewajiban bagi umat Islam. Biasanya untuk membayar zakat, kita datang ke masjid atau ke kantor yayasan penyalur zakat dan infaq secara langsung. Namun di era yang serba online ini, kita tentunya dimudahkan juga dengan bayar zakat via online. Apa keuntungan kita membayar zakat secara online? Simak penjelasannya

1 . Nggak Perlu Datang Ke Masjid atau Kantor

Kalau kamu sibuk banget dan nggak mau ribet dateng ke berbagai tempat untuk bayar-bayar, kamu bisa banget bayar online. Nggak perlu datang ke masjid atau kantor penyalur zakat buat membayarkan kewajibanmu. Apalagi bagi kamu perantau (perantau diluar negeri), tentunya ribet banget dong buat datang ke masjid yang jaraknya jauh atau bahkan nggak tau masjid terdekat ada dimana. Nah, ini bisa jadi solusi yang tepat untuk berzakat.

2 . Privasi Lebih Terjaga

Dengan membayar zakat online, privasi kamu lebih terjaga. Karena, yang tahu jumlah zakat yang dibayar cuma kamu dan yang diatas. Biasanya kalau kamu orang yang tertutup, nggak nyaman kan datang ke majelis atau ketemu orang untuk membayarkan zakat.  Selain itu, orang lain juga nggak bakal tahu jumlah nominal yang dibayarkan, termasuk bapak-bapak di majelis yang bertugas menyalurkan zakat ke kaum dhuafa. Kalau online, sistemnya otomatis bro! Jadi nggak perlu takut si mimin ngepoin identitas kamu dan jumlah zakat yang dibayarkan.

3 . Nominal Tidak Terbatas

Kadang kita merasa ribet dengan jumlah zakat yang dibayarkan, sesuai perhitungan dimana total yang dibayarkan adalah 2,5%. Kalau gaji kamu dalam setahun IDR 100.000.000, tentu ngitungnya gampang karena yang dibayarkan adalah IDR 2.500.000. Tapi kalau gaji kamu pakai dolar (misal USD 9.999), terus mau dikurskan dan dibayarkan zakatnya, pasti ribet karena banyak nominal pecah pakai koma. Pakai contoh yang gaji dolar tadi, total gaji setahun adalah IDR 138.936.105 (Kursnya USD = IDR 13.895). Terus 2,5% dari total gaji tadi adalah IDR 3.473.402,62. Tentunya kalau kamu bayar di masjid atau kantor majelis, nggak mungkin dong bayar pakai koma-koma. Disini, bayar zakat online lebih unggul.

4 . Lebih Terpercaya

Bukan berprasangka buruk, namun pernah juga nggak sih, kita kepikiran zakat kita disalurkan untuk orang yang tepat? Atau jangan-jangan digunakan untuk panitianya aja. Nah, keraguan itu nggak akan muncul kalau bayar zakat online di situs terpercaya. Pada umumnya, situs penyedia layanan bayar zakat online sudah terpercaya karena menggandeng yayasan atau partner terpercaya juga. Nah, perhatikan juga website layanan zakat dan partnernya. Pastikan juga mereka memberikan informasi jumlah zakat yang diterima dan kemana disalurkannya.

5 . Nggak Ribet

Bayar zakat online tentunya nggak ribet. Kamu bisa membayarkannya dimana saja dan kapan saja. Kamu juga nggak ribet mau bayar pakai bank apa karena pada umumnya situs penyedia layanan zakat online sudah menyediakan banyak channel pembayaran via bank. Dan yang pasti, kamu bisa mengurangi keribetan dikala beribadah di bulan Ramadhan maupun persiapan lebaran.

 

Kini, sudah banyak website maupun aplikasi penyedia layanan bayar zakat online. Tentunya nggak ada lagi dong alasan untuk nggak bayar zakat, apalagi di bulan Ramadhan. Kamu udah bayar zakat?

mm
Article By :

One thought on “Bayar Zakat Online – Mengapa Tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.