(bukan) April Mop

Udah kena jebakan April Mop berapa kali hari ini? Hehehe

Yap, April Mop dirayakan setiap tahunnya tepat pada tanggal 1 April. April Mop dikenal sebagai hari yang memperbolehkan kita untuk melakukan kebohongan atau membuat lelucon kepada orang lain tanpa perlu merasa bersalah. Lalu bagaimana awalnya perayaan April Mop ini?

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti bagaimana awalnya perayaan April Mop bisa terjadi. Beragam teori muncul dari dari masyarakat mengenai perayaan ini. Sejumlah negara memiliki versi sejarah April Mop-nya masing-masing. Dikutip dari IDNtimes, berikut ulasan mengenai sejarah perayaan April Mop di beberapa negara.

 

Sejarah April Mop Versi Perancis

Sejak tahun 1582, Perancis telah memperingati perayaan April Mop tepatnya pada masa pemerintahan Raja Charles XI. Pada saat itu, Paus Gregory XII mengubah sistem penanggalan yang semula 1 tahun yang terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan, seperti sistem penanggalan kalender Masehi sekarang.

Perayaan tahun baru yang sebelumnya dirayakan tanggal 25 Maret hingga 1 April, dimajukan menjadi tanggal 1 Januari. Namun, banyak rakyat Perancis yang menentang keputusan Paus. Hingga akhirnya rakyat Perancis menetapkan 1 April sebagai Tahun Barunya. Perilaku ini menjadi bahan ledekan oleh masyarakat lainnya dengan cara memberikan lelucon palsu. Meski mendapat ledekan dari masyarakat lainnya, rakyat Perancis tetap mempertahankan perilaku tersebut dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan. Hingga pada tahun 1782, tradisi tersebut ditiru oleh rakyat Inggris dan akhirnya semakin dikenal di mata dunia.

 

Sejarah April Mop Versi Spanyol

Sejarah mengenai April Mop juga muncul dari negara Spanyol. Pada mulanya, negara ini memperingati tanggal 28 Desember sebagai hari Anak Tak Bersalah atau Dia de Ios Santos Inocentes. Hingga akhirnya pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 Desember 1978 diundur sehari agar tidak menjadi bahan tertawaan publik.

Selain versi di atas, sebenarnya ada versi lain yang juga berasal dari Negara Spanyol. Sejarah ini berawal ketika para tentara salib mendapatkan kemenangannya atas penduduk muslim Spanyol. Akan tetapi, kemenangan ini mereka dapatkan dengan cara mengatakan bahwa mereka akan membebaskan penduduk muslim Spanyol yang kalah perang dengan sebuah kapal, padahal semua itu hanyalah tipuan belaka. Bertepatan dengan tanggal 1 April, ketika penduduk muslim berada di dalam kapal, bukannya membebaskan mereka, tentara Spanyol malah membunuh mereka. Karena itu lah tanggal 1 April identik dengan hari tipuan.

 

Sejarah April Mop Versi Kerajaan Romawi

Seorang professor dari Boston University, Joseph Boskin, mengungkapkan hal yang berbeda. Menurut Boskin, perayaan April Mop dicetuskan oleh pelawak Kerajaan Romawi tepatnya pada masa pemerintahan Raja Constantin I abad ketiga sampai keempat setelah Masehi. Pada mulanya, mereka mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja.

Secara tak terduga, Sang Raja menyetujui petisi ini dan mengangkat Jeter, salah satu pelawak, untuk menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April. Setelah naik tahta, Raja Jeter menetapkan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan yang kini dikenal sebagai April Mop.

Terlepas dari simpang siur sejarah perayaan April Mop, masyarakat modern merayakannya dengan melakukan berbagai tipuan yang seru dan menyenangkan. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia. Walaupun berasal dari budaya barat, masyarakat Indonesia sudah lama melakukan kebiasaan ini. Momen April Mop juga seringkali dijadikan sarana penarik perhatian bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya seperti memberi potongan harga.

Lain halnya dengan SatuLoket.com yang menyediakan pembayaran berbagai macam produk dengan harga murah. Bukan hanya saat April Mop saja, kalian bisa menikmati fasilitas pembayaran dengan harga murah di SatuLoket.com setiap hari. Iya setiap hari! Wah pasti enak dong kalau setiap hari kalian bisa mendapatkan penawaran harga murah untuk berbagai produk hanya dengan membayar di satu tempat. Kalian bisa melakukan pengisian pulsa, paket data & internet, voucher app & game, token listrik, cek & bayar tagihan melalui SatuLoket.com

Segera daftarkan diri kamu sebagai member SatuLoket.com & dapatkan penawaran produk yang menarik!

Satu Loket – Pilihan Tepat Bayar Satu Tempat

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.