Ini Beda Mahasiswa Awal Bulan dan Akhir Bulan

50 ribuPenampakan uang warna biru ketika awal bulan

Bagi semua mahasiswa, awal dan akhir bulan pastilah memiliki nuansa yang berbeda. Apalagi kalau bukan karena duit. Yah, sebagai makhluk yang masih memiliki ketergantungan kiriman orang tua, mahasiswa memang terus dituntut untuk pintar-pintar mengelola keuangannya. Apa sih yang beda kalau awal bulan dan akhir bulan? Cek disini.

  1. Urusan Makanan

Nah disaat awal bulan, mahasiswa ini ketika diajak temenya makan di restoran menengah ke atas pasti langsung tancap gas karena memang masih punya duit banyak kiriman dari orang tua. KFC & MCD-mah lewat, bahkan banyak juga loh yang juga makan di Fish&Co dan Paperlunch yang notabene bisa beli penyetan pinggir jalan sampai 8x kalau sekali makan. Tetapi ketika akhir bulan datang, biasanya mereka makan hanya di angkringan atau burjo untuk mempertahankan sisa sisa uang mereka. Mie Instan dan obat maag mungkin jadi makanan wajib kalau udah masuk tanggal 25-an.

  1. Lifestyle

Ketika awal bulan ada film baru di bioskop apalagi filmnya hits banget, tanpa pikir panjang pasti mahasiswa langsung nonton dengan teman temanya. Tetapi ketika akhir bulan datang, mereka hanya bisa ke warnet buat ngopi film lalu ditonton di kosan mereka. Ketika memang uangnya sangat menipis dan tidak memungkinkan ke warnet, mereka hanya bisa ngopi film dari hardisk teman mereka. Ketika diajak ke Mall dan saat itu awal bulan pasti langsung dengan cepat tancap gas ke mall. Tapi ketika akhir bulan jangankan ke mall, keluar kos aja pasti sudah  males.

  1. Penampilan

Dari segi penampilan mereka juga bisa dibedakan saat awal bulan dan akhir bulan. Ketika awal bulan, mereka mendapatkan sumbangan finansial dari orang tua mereka sehingga wajah mereka terlihat senang dan sedikit cerah dari biasanya. Pakaian mereka juga necis dan bersih karena memang di laundry di tempat yang mahal. Tetapi ketika akhir bulan datang, penampilan mereka berubah drastis dari yang tadinya cerah menjadi kusut karena harus berfikir bagaimana caranya mempertahankan hidup dengan uang yang minim. Dan juga pakaian mereka terlihat kurang bersih dan acak acakan karena memang mereka mencuci dan manyetrika sendiri.

  1. Paketan Internet dan Pulsa

Ketika awal bulan, karena memiliki dana yang mencukupi mereka menggunakan paketan internet di hpnya dengan boros yaitu dengan streaming di youtube, download film, download game dll. Tetapi ketika akhir bulan, mereka mulai kehabisan dana dan paketan internet sehingga mereka harus mencari wifi gratisan di cafe cafe dengan bermodal membeli minuman. Biasanya minuman mereka hanya es teh ataupun sebotol air mineral tetapi mereka berada di cafe itu selama berjam jam. Kayaknya kalau tanggal 25, bakal banyak banget SMS “gebetan minta pulsa” deh.

  1. Hubungan Dengan Pacar

Disaat awal bulan dan pacar kita meminta sesuatu seperti nonton film, pulsa ataupun makan di restoran kita pasti tanpa ragu akan menyetujuinya sehingga hubungan dengan pacar semakin dekat dan harmonis. Berbeda dengan ketika akhir bulan datang, karena tidak bisa memenuhi keinginan sang pacar dikarenakan faktor finansial maka hubungan dengan pacar menjadi agak renggang. Anyway bisa nggak ya kalau pacarannya pas awal bulan aja? Eh tapi kalau akhir bulan kayaknya bisa minjem duit pacar deh

 

Begitulah perbedaan mahasiswa di saat awal bulan dan akhir bulan. Sebagai mahasiswa yang baik, tentunya kita harus bisa megontrol keuangan kita sehingga antara awal bulan maupun akhir bulan keuangan kita bisa seimbang. Sebenarnya ngga cuma mahasiswa aja sih, semua nya juga musti mengatur keuangan biar gak mendadak bokek sebelum dapat duit. Gimana kalau kamu?

mm
Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.