Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berzakat

Ada beberapa kesalahan dalam berzakat  yang sering dilakukan oleh banyak orang. Beberapa kesalahan ini jarang menjadi topik yang serius di kalangan masyarakat karena dianggap sebagai hal yang sepele. Masyarakat sendiri sudah menjadikan kesalahan-kesalahan dalam berzakat ini sebagai suatu kebiasaan sehingga mereka merasa tidak perlu lagi mempertanyakan kebenarannya.

Berikut kesalahan yang sering dilakukan dalam berzakat menurut berbagai sumber, diantaranya;

Tidak semua anggota keluarga dihitung
Anak kecil yang belum baligh seringkali tidak diikutkan dalam perhitungan zakat fitrah keluarga. Padahal, setiap anggota keluarga wajib membayakan zakat. Bayi yang lahir dan baru berumur satu hari juga wajib dizakatkan oleh orang tuanya.

Membayar zakat fitrah kepada fakir miskin yang bukan muslim
Zakat fitrah memanglah dibayarkan kepada orang yang membutuhkan. Salah satu tujuan dari zakat fitrah adalah agar umat muslim bersama-sama merasakan kebahagian di Hari Raya Idul Fitri. Dari tujuan ini jelaslah bahwa sasaran dari zakat fitrah adalah sesama umat muslim.

Dibayarkan dalam bentuk uang
Banyak orang mengira bahwa zakat fitrah dapat dibayarkan dengan uang. Mengenai pendapat ini masih banyak diperdebatkan memang. Namun akan lebih baik jika zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk makanan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Dibayarkan setelah Hari Raya Idul Fitri
Waktu pembayaran zakat yang benar adalah ketika dimulainya bulan Ramadhan sampai waktu sebelum Hari  Raya. Ada pendapat yang mengatakan waktu terbaik untuk membayar zakat adalah setelah shalat subuh di Hari Raya sampai menjelang Shalat Ied. Menurut banyak pendapat, zakat yang dibayarkan setelah Hari Raya dianggap sebagaizakat biasa, bukan sebagai zakat fitrah lagi.

Anggapan zakat fitrah sebagai syarat diterimanya puasa Ramadhan
Banyak yang mengira bahwa puasa Ramadhan yang dilakukan selama sebulan penuh tidak akan diterima apabila sampai Hari Raya belum membayar zakat fitrah. Anggapan ini salah karena zakat fitrah bukanlah penentu diterima atau tidaknya puasa Ramadhan

Anggapan bahwa zakat fitrah sebagai sarana penyucian harta
Kurang tepat apabila kita menyebutkan bahwa zakat fitrah adalah sarana penyucian harta. Penyucian harta cenderung diartikan bahwa harta milik kita haram maka perlu disucikan dengan zakat fitrah. Lebih tepatnya adalah zakat fitrah sebagai sarana penyucian diri dan jiwa.

Masih ada waktu di bulan Ramadhan ini untuk berzakat sesuai dengan kaidah. Jangan lupa untuk bayar zakat tepat waktu di Satuloket.com ya. Untuk batas waktu pengumpulan website melalui SatuLoket, akan berakhir pada Kamis, 22 Juni 2017, 24:00. Segera tunaikan zakatmu!

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.