Langkah-Langkah Mudik Lancar dan Aman

Mudik selalu dirindukan meski terkadang memusingkan. Bukan hanya soal perjalanan yang harus ditempuh di tengah kemacetan dan keramaian orang-orang, namun juga persiapan yang intens menjelang keberangkat ke kota asal. Namun kondisi seperti ini bisa dihindari bila Anda berkenan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Persiapkan diri dengan baik.

Hal paling awal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik adalah mengetahui secara pasti dengan siapa Anda akan pulang ke rumah. Apakah sendiri atau bersama pasangan, keluarga besar, atau teman. Juga mengenai moda transportasi yang menemani perjalanan mudik, apakah Anda mengendarai kendaraan sendiri atau menggunakan transportasi publik. Bila menggunakan transportasi publik maka tiket sudah harus terbeli jauh-jauh hari, untuk amannya adalah 2 bulan sebelum mudik. Saat perjalanan bawalah uang cash secukupnya.

2. Periksa Kesehatan Anda terlebih dulu.

Bila ada riwayat sakit tertentu Anda perlu menyediakan obat-obatan sesuai kebutuhan. Selain itu, sediakan pula obat-obatan ringan yang mampu mengatasi sakit selama perjalanan di kotak P3K. Meski tidak diinginkan, bila ada ada kondisi mendesak dan Anda atau partner perjalanan membutuhkan pertolongan medis, manfaatkan posko-posko kesehatan yang didirikan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta.

3. Membuat Catatan Barang Bawaan.

Dengan catatan ini akan memudahkan Anda menempatkan manakah kebutuhan utama barang-barang yang perlu dibawa dan manakah yang tidak. Dengan mencatat daftar barang bawaan bisa meminimalisir bobot beban yang harus Anda tanggung selama perjalanan.

4. Membawa Bekal Secukupnya.

Meski bisa makan di tengah perjalanan dan dalam kondisi berpuasa, namun kudapan ringan, roti, buah-buahan, dan yang terpenting air mineral bisa kita siapkan. Siapa tahu ditengah jalan pas buka puasa.

5. Cek Kendaraan Anda

Bila Anda mudik menggunakan kendaraan sendiri, maka Anda perlu mengecek kesiapan kendaraan. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, cek tekanan ban, oli, aki, kelistrikan, saringan udara, dan bila perlu siapkan sparepart cadangan dan cari tahulah posko layanan gratis dari perusahaan otomatif di titik-titik jalur mudik. Anda tidak diperkenankan menyetir saat mengantuk dan disarankan beristirahat sebentar setiap empat jam.

6. Info Rute dan Jalan Raya

Carilah informasi seputar jalur mudik, traffic kemacetan di mana saja, juga jalur-jalur alternative‚ÄĒterutama bila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi. Persiapkan pula peta atau aktifkan gps/apps berisikan info kondisi lalu lintas.

7. Amankan Komunikasi

Isi pulsa dan kuota internet telepon selular Anda. Jangan lupa men-charge penuh seluler dan gunakan perangkat charger bila diperlukan sewaktu-waktu.

8. Tentang Pakaian

Gunakan pakaian yang nyaman dikenakan saat perjalanan mudik, pakaian yang mudah menyerap keringat, dengan bahan yang tidak terlalu tebal jangan atau terlalu tipis.

9. Hiburan

Tidak ada salahnya membawa perangkat hiburan saat mudik, seperti: koleksi music dan kamera, namun Anda tidak disarankan untuk menonton film ataupun tayangan televisi saat menyetir kendaraan sendiri karena akan menganggu fokus berkendara.

10. Istirahat

Setelah sampai di tempat tujuan, pastikan Anda sudah beristirahat sebelum bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara.

Bila seluruh langkah ini sudah Anda terapkan, kami berharap perjalanan mudik Anda tidak terkendala dan senantiasa berkesan. Mudik tahun ini diharapkan pula menjadi peristiwa yang kian menghiasi Lebaran penuh cinta dan berkah. Salam dari SatuLoket.

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.