Makanan Unik Khas Bulan Ramadhan di Berbagai Daerah Indonesia

Bulan Ramadhan dinantikan bukan hanya oleh umat muslim saja. Namun juga oleh umat nonmuslim. Mengapa? Karena ternyata di bulan Ramadhan kita bisa menjumpai banyak kuliner khas Indonesia yang hadir di bulan suci ini. Wajar apabila banyak penikmat kuliner sangat menantikan momen Ramadhan ini.

Hampir semua aneka makanan khas Ramadhan yang ada di Indonesia bernuansa manis. Ketika berbuka kita memang dianjurkan untuk memakan makanan yang manis-manis dan ringan atau biasa disebut takjil. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, hal tersebut juga dimaksudkan agar tubuh kita bisa mencerna makanan tersebut dengan baik.

Berikut makanan unik khas Ramadhan di Indonesia :

1. Asida – makanan unik Ramadhan khas Maluku

sumber : http://www.asliindonesia.net/2015/06/tradisi-dan-budaya-islam-di-ternate.html

Dilihat dari tekstur dan komposisi bahannya saja sudah dapat ditebak makanan khas Maluku satu ini memiliki cita rasa yang manis dan kenyal seperti dodol. Sebenarnya makanan Ramadhan Maluku ini awalnya berasal dari Arab dan banyak dikonsumsi oleh penduduk Afrika Utara. Asida sendiri dibuat dengan bahan utama terigu dan gula merah dengan bahan tambahan kapulaga, daun pandan, kapulaga, dan kayu manis.

2. Kicak – makanan unik Ramadhan khas Yogyakarta

sumber : http://resepdanmasakan.com/cara-membuat-kicak-menu-takjil-asli-yogyakarta/

Bukan hanya kotanya saja yang istimewa. Yogyakarta juga memiliki makanan khas Ramadhan yang tak kalah istimewa, yaitu kicak. Kicak adalah takjil yang terbuat dari kukusan singkong parut yang ditiriskan dengan taburan parutan kelapa yang sudah matang. Sudah terbayang bukan gurihnya makanan satu ini?

3. Ketan bintul – makanan unik Ramadhan khas Banten

sumber : http://resep-makanan-cake.blogspot.co.id/2013/08/cara-membuat-resep-kue-ketan-bintul.html

Meski terlihat sederhana, ketan bintul yang merupakan takjil khas Kota Serang Banten ini ternyata dulunya adalah makanan kesukaan Raja Banten. Jadi makananan unik ini sudah mengakar dan menjadi ciri khas dari kota Serang. Seperti namanya, ketan bintul ini dibuat dengan mengolah bahan ketan, kelapa parut, gula pasir, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

4. Pisang Ijo – makanan unik Ramadhan khas Makassar

sumber : http://www.resepmasakanlengkap.com/2014/07/resep-es-pisang-ijo.html

Memang ada pisang yang berwarna hijau? Kalau warna kulit, iya memang semua kulit pisang berwarna hijau kecuali jika sudah matang. Tapi yang saya maksud di sini adalah buah pisang yang dibalut dengan tepung yang telah diberi pewarna makanan berwarna hijau. Mungkin banyak di antara kalian yang sudah mencicipi makanan khas Ramadhan satu ini. Pisang ijo terasa lebih nikmat dan menyegarkan untuk berbuka puasa karena dihidangkan bersama dengan serutan es batu dan sirup.

5. Tutut – makanan unik Ramadhan khas Bandung

sumber : http://www.makanajib.com/resep-tutut-bumbu-kuning-pedas-enak/

Tutut adalah moluska bercangkang menyerupai keong kecil yang mudah ditemukan di daerah persawahan. Untuk pengolahan tutut sendiri bisa dilakukan dengan cara yang bermacam-macam, mulai dimasak dengan santan, sambal balado, rica-rica  hingga ditumis biasa. Kalian tidak perlu meragukan kehalalan dari tutut ini karena telah dinyatakan halal oleh MUI.

Lima makanan di atas merupakan salah satu dari banyak sekali kekayaan makanan khas di Indonesia. Sebenarnya jika kalian tidak bisa menemukan pedagang yang menjual makanan khas Ramadhan yang unik di atas kalian bisa lho memasaknya sendiri.

Salam Semangat Ramadhan

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.