Manfaat Sedekah yang Perlu Kalian Ketahui

Sedekah adalah salah satu amal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam islam. Bukan hanya agama islam saja yang menganjurkan umatnya untuk melakukan perbuatan terpuji ini, agama lainpun mengajarkan para pemeluknya untuk saling berbagi terhadap sesama. Selain dianjurkan, ada beberapa bentuk sedekah yang diwajibkan oleh agama islam, misalnya adalah zakat fitrah yang wajib dibayarkan di hari-hari terakhir Ramadhan sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang berpikir sebenarnya apa sih manfaat sedekah? Bukankah jika kita bersedekah, dalam artian memberi harta kita kepada orang lain maka harta kita akan berkurang? Saya tegaskan bahwa pemikiran semacam itu adalah salah. Sedekah tidak akan mengurangi jumlah harta yang kita punya. Untuk meluruskan pemikiran skeptis semacam itu, artikel ini saya buat agar membuka pandangan kalian mengenai manfaat sedekah. Manfaat sedekah? Memangnya sedekah punya manfaat? Justru manfaat sedekah itu sangat banyak. Lebih jelasnya, simak beberapa contoh manfaat sedekah berikut :

Manfaat Sedekah

Termasuk melaksanakan perintah agama, yaitu perintah Allah dan Rasul-Nya
Inilah manfaat utama dalam menunaikan ibadah sedekah. Dengan bersedekah kita telah menunaikan perintah agama. Bentuk dari sedekah bisa berupa zakat. Seperti yang kalian tahu bahwa kewajiban berzakat merupakan rukun iman ke-tiga. Bersedekah dengan cara berxakat secara langsung telah membantu kalian memenuhi rukun iman ke-tiga. Jadi jangan sampai lalai berzakat ya!

Bersedekah mendatangkan rejeki
Manfaat sedekah yang kedua adalah bersedekah bisa memperlancar arus rejeki kita. Mengapa? Karena Allah akan melipatgandakan harta yang telah kita sedekahkan sebanyak sepuluh kali. Bisa kalian bayangkan, dengan bersedekah sebanyak Rp.100.000 jika dilipatkan sepuluh kali menjadi Rp.1.000.000. Jika bersedekah Rp.1.000.000 sedekah itu akan dilipatgandakan menjadi Rp.10.000.000 dst. Tapi, yang perlu kalian ingat adalah bersedekah itu bukan tentang keuntungan apa yang akan kalian dapatkan, tapi seberapa ikhlas dan tulus kalian bersedekah.

Dilancarkan semua urusan
Untuk mebahas manfaat sedekah ini saya akan menceritakan sebuah cerita. Pernah suatu waktu saya membaca kisah dari seorang bapak yang menginginkan anaknya menjadi seorang insinyur tambang. Bapak itu menyedekahkan hartanya demi kelancaran si anak dalam ujian masuk perguruan tinggi. Namun nyatanya si anak malah gagal dalam ujian itu. Tetap berpikir positif, bapak itu masih menyedekahkan hartanya bahkan menjual motor satu-satunya untuk bisa bersedekah. Anak dari bapak yang sangat dermawan itu akhirnya bekerja di suatu perusahaan tambang. Meski tidak bersekolah tinggi, berkat ketulusan bapak dan tentunya keuletan si anak dalam bekerja, anak itu menjadi pegawai kepercayaan bos perusahaan tambang dan mendapatkan posisi yang bisa dibilang tinggi di perusahaan itu. Dari cerita tersebut, yakinlah bahwa jika kalian bersedekah dengan iklas, pasti Tuhan akan turut memperlancar urusan kalian.

Banyak orang turut mendoakan kalian masuk surga
Bersedekah membuat kalian menolong banyak orang yang membutuhkan. Dengan interaksi bersedekah yang kalian bangun dapat menumbuhkan empati dari orang-orang yang kalian ajak berbagi. Dari empati itulah mereka akan merasa berterimakasih atas bantuan yang kalian ulurkan. Mendoakan kebaikan dan kebahagian dunia akhirat kalian adalah salah satu bentuk rasa terimakasih mereka. Semakin banyak kalian bersedekah itu berarti akan semakin banyak orang yang mendoakan kalian masuk surga, bukan?

Sedekah dapat memperpanjang umur kalian di dunia
Setelah memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, kalian akan melihat bagaimana orang-orang itu bahagia atas apa yang telah kalian lakukan. Sama halnya ketika kalian bersedekah kepada anak-anak panti misalnya, kalian akan melihat raut bahagia yang mereka berikan atas pemberian kita ke mereka.Kebahagian dari orang yang kalian beri akan tersalur menjadi kebahagiaan kalian sendiri dan menstimulasi produksi hormon endorfin yang ada di tubuh kalian. Akibat dari produksi hormon endorfin itu dapat membuat kalian berenergi, aliran darah menjadi lancar, daya tahan tubuh meningkat, bahkan bisa bikin kalian awet muda!

Bagaimana? Setelah membaca manfaat sedekah di atas apakah ada di antara kalian yang sudah tergerak untuk bersedekah? Jika iya, mulailah dari sekarang! Atau mungkin sudah ada niat tapi susah untuk merealisasikan karena tidak mau ribet. Sebenarnya, sedekah itu tidak ribet kok. Tersenyum juga termasuk sedekah. Tapi masa iya sedekahnya hanya berbentuk senyuman, kalau hanya tersenyum juga sudah kalian praktekan sejak dulu, bukan? Ada lho cara lain yang tidak ribet untuk bersedekah seperti simplenya bersedekah dengan senyuman. Ada yang namanya produk Donasi SatuLoket yang dapat memudahkan kalian untuk bersedekah. Hanya dengan melakukan pembayaran di portal http://SatuLoket.com kalian dapat berbagi dengan cara yang simple.

Ayo tunggu apalagi! Mulailah bersedekah dengan http://SatuLoket.com dan semoga kalian yang berhati tulus dapat merasakan manfaat dari indahnya bersedekah.

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.