Mengenal Teknologi 4G

mobile-radio-transmitters-1159760_960_720

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, membuat semuanya serba “baru” dan tidak terasa, kita selalu dikejar untuk memperbarui gadget dan perangkat lunak yang ada. Sepertinya dua tahun lalu di Indonesia masih pada gembar-gembor Internet 3,5G, dan sekarang, sudah ada teknologi 4G yang membuat kita, pengguna seluler, harus ganti simcard dan ganti handphone untuk mengikuti perkembangan jaman. Seperti yang kita ketahui, kalo teknologi 4G LTE memungkinkan kita berinternet dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps.

Adalah Khoirul Anwar, seorang ilmuwan berkebangsaan Indonesia yang saat ini menetap di Jepang. Beberapa waktu yang lalu media-media di Indonesia bahkan luar negeri terkesima bahwa seorang putra Indonesia menjadi penemu teknologi 4G yang saat ini sedang jadi hits. Tetapi hal tersebut langsung di koreksi oleh beliau sendiri.

“Saya tidak menulis sebagai penemu 4G LTE karena 4G LTE sendiri seharusnya memang tidak ditemukan, melainkan disepakati. Forumlah yang menyepakati teknik tertentu untuk dipakai atau tidak dipakai dalam sebuah standard,” tulis mas Khoirul (karena beliau masih sangat muda, 38 tahun) dalam blog pribadinya.

Lalu apa bedanya dengan 3G? Dikutip dari berbagai sumber, jaringan  3G yang mayoritas masih kita pakai sekarang menjadi prioritas ketiga. Berbeda dengan 4G. Dikarenakan konsumsi internet sekarang menjadi hal utama, maka ibaratnya teknologi internet harus di “push” lebih cepat menjadi prioritas pertama.

Dikutip dari metrotvnews.com Head of Network Planning XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan bahwa kelebihan 4G LTE adalah latency yang lebih rendah, intervensi yang lebih rendah, penggunaan frekuensi yang lebih efisien, dan transmisi data yang lebih cepat. Dengan demikian, jaringan internet yang digunakan berbeda, demikian paket data internet yang digunakan.

Nah, kedepannya akan ada lagi teknologi 5G di tahun 2020, yang konon lebih cepat daripada 4G. Nantinya kita ganti simcard lagi nggak ya? Terus bagaiman nasib handphone jaman dulu yg masih GPRS? Kita tunggu kabar perkembangan teknologi selanjutnya.

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.