[OPINI] Apa yang Menarik di Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan tidak hanya lekat dengan bulan di mana umat Muslim berpuasa, selain itu Ramadhan pun sejalan dengan momen kehangatan keluarga, kekerabatan, hingga masakan-masakan serba lezat. SatuLoket mengumpulkan beberapa opini dari teman-teman mengenai apa makna Ramadhan dan momen-momen apa yang berkesan bagi mereka. Mari kita simak di bawah ini:

destika_ajeng

Destika Ajeng Wulandari, Mahasiswi Sekolah Pascasarjana UGM

Bulan Ramadhan itu momen-momen mencari pahala, banyak jajanan dan makanan yang jarang muncul tetapi di bulan Ramadhan dijual. Ada momen takbir, di Nganjuk selalu ada pawai obor-obor dan lampu hias setiap tahunnya. Plus ada tarawih maraton dilakukan di mushola dekat rumah, tarawih 23 rakaat hanya dengan 30 menit, disertai kata “amin” yang dipakai untuk adu kenceng-kencengan sama anak-anak. Sampai i’tikaf bareng-bareng di mushola pas 10 hari terakhir sebelum hari raya Lebaran. Nah, yang paling penting adalah Lebaran berarti waktunya kumpul keluarga.

dadad_sesaDadad Sesa, Foodgrammer @javafoodie

Hal yang paling aku sukai dari puasa adalah acara buka bersama yang seabrek. Kalau biasanya makan malam sendiri, ini di bulan Ramadhan bisa bareng-bareng terus. Selain itu juga kerjaan tambah banyak dan duit yang didapat juga semakin banyak, bisa silaturahmi juga sama mantan yang sudah menjauh.

 

 

wihinggil_prayogi

 

Wihinggil Prayogi, Content Manager di Inventure.com

Di masa Ramadhan hal yang paling aku sukai, yang pertama bisa JJS alias jalan-jalan subuh dan tentu saja ngabuburit.

 

 

 

Clara Ima Fitria, Event Manager di Omah Srawung EO 

Bulan Ramadhan ini punya banyak cerita buat aku, apalagi pacarku Muslim, dan lingkungan serta teman kerjaku sebagiaclara_iman Muslim. Kalau teman-temanku pas hari pertama memang  puasa tapi setelahnya bolong-bolong. Dan aku baru tahu kalau ternyata puasa itu bisa diganti dengan semacam zakat yaitu dengan beras 2,5 kg. jadi, teman-temanku lebih milih ga puasa, hahaha… Pacarku sendiri seorang Muslim, kita 3 tahun menjalani hubungan berbeda keyakinan. Tapi aku selalu support dia untuk puasa dan teraweh. Tahun pertama masih bolong-bolong, tahun kedua bisa full, nah tahun ini semoga full lagi. Sebuah kebanggaan bisa memberi dukungan untuk orang berpuasa agar tetap menjalankan ibadahnya, walaupun aku sendiri bukan Muslim.

 

Christina Liapradipta, Account Executive di Harian Tribun Jogja

christina_liapradipta

Yang disukai pas momen Ramadhan itu banyak makanan, haha… Karena aku memang suka makan pada dasarnya, terus ya karena aku non Muslim tapi keluarga besar dari pihak Mamaku Muslim, secara tidak langsung aku merasakan Lebaran. Merasakan nunggu sholat Ied selesai, terus maaf-maafan, dan jadi punya waktu sama keluarga besar. Bisa kumpul semua dan bener-bener quality time bareng keluarga. Nuansa hangat dan intim terasa banget di bulan Ramadhan ini. Pulang kampung jadi lebih terasa karena pernah mengalami jadi anak rantau.

 

Tangguh Okta Wibowo, Graduate Student di okta_wibowoSekolah Pascasarjana UGM

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, di mana setiap Muslim tidak hanya berpuasa menahan lapar dan haus tapi juga menahan hawa nafsu duniawi. Bulan penuh ampunan, pintu neraka ditutp, dan dibuka selebar-lebarnya pintu surga, dilipatgandakan juga segala amalan yang kita lakukan. Di bulan ini juga kita diajarkan untuk saling berbagi dan mengasihi dengan diwajibkan membayar zakat dan memberikan sedekah bagi yang kurang mampu. Meski begitu, bulan penuh rahmat ini adalah bulan sebagai latihan bagi umat Muslim untuk menyongsong sebelas bulan yang akan datang.

Pastikan bulan Ramadhan berjalan penuh dengan berkah dan kasih. Untuk menjaga tali silaturahmi supaya tidak terputus, jangan lupa isikan pulsa dan paket Internet dari SatuLoket di gadget kalian supaya bisa saling berkomunikasi hingga hari H Lebaran. Ramadhan Kareem!

 

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.