Tips Hemat Selama Bulan Puasa

Bulan puasa memang bulan dimana banyak harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Bukan hanya kebutuhan pokok, kebutuhan dapur pun begitu. Belum lagi ketika mendekati Lebaran, semua-semua tentunya jadi ingin dibeli, dari baju, kue, hingga gadget terbaru. Hal ini tentu akan berdampak terhadap pengeluaran bulanan Anda. Jika hal ini tidak diatasi dengan benar bukan hal yang tidak mungkin ketika Hari Raya Idul fitri nanti Anda malah tidak punya uang.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak tips hemat di bulan puasa berikut;

1. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan utama Anda.

Seringkali uang yang Anda keluarkan sebenarnya bukan untuk hal yang penting. Misalnya Anda menghabiskan uang untuk membeli banyak variasi jilbab padahal di rumah Anda sudah mempunyai semua warna jilbab yang Anda butuhkan.

2. Persempit waktu online Anda.

Bagi para perempuan yang sedikit-sedikit bisa merasa bosan, ponsel pastilah selalu memiliki daya tarik untuk selalu dipegang. Bangun tidur buka HP, habis sholat subuh saja masih buka HP, mau berangkat kerja buka HP, waktu senggang saat bekerja juga disempatkna buka HP, istirahat buka HP, dan aktivitas buka HP ini akan terus berlanjut sampai malam tiba. Entah itu untuk sekedar melihat-lihat sosial media, streaming, download, atau hal lainnya. Pikirkan saja bisa berapa jam Anda online dan menghabiskan kuota (uang) ? Cobalah beberapa tips menghemat pulsa dan kuota bulanan Anda.

3. Perbanyak kegiatan positif dan bermanfaat.

Belanja mungkin menjadi alternatif kedua Anda ketika merasa bosan setelah poin kedua yang saya bahas. Tahukah Anda, sebenarnya banyak kegiatan positif yang bisa Anda lakukan untuk mengisi kebosanan. Setelah sholat subuh Anda bisa bertadarus Al Quran. Begitu juga ketika ada waktu sengang di kantor. Tidak mau repot membawa Al Kitab? Tenang saja, sekarang Al Quran bisa didownload dari HP android Anda. Praktis bukan?

4. Belanja kebutuhan Anda sekaligus untuk satu bulan.

Mengapa belanja kebutuhan sekaligus untuk satu bulan bisa menghemat pengeluaran? Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga kebutuhan pokok selama Ramadhan akan selalu mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa berbelanja di awal bulan Ramadhan sehingga harga kebutuhan pokok belum terlalu mahal. Selain itu manfaatkan promo-promo yang biasanya ada di Swalayan maupun Supermarket.

5. Batasi agenda buka puasa bersama (berbayar) Anda.

Sudah menjadi tradisi tidak tertulis di Indonesia jika di bulan puasa mengadakan buka puasa bersama adalah hal yang setengah wajib. Mulai dari buka bersama SD, SMP, SMA, teman kuliah, teman arisan, atau apapun itu judulnya. Tanpa Anda sadari buka puasa bersama menjadi penyumbang tebesar pengeluaran Anda. Daripada buka bersama yang ujung-ujungnya boros maksimal, mending buka bersama keluarga yang bisa lebih hemat. Tapi yang namanya silaturahmi tetap harus dijalin.

6. Ikuti kegiatan di Masjid sembari menghemat Anggaran berbuka Puasa

Jika kamu mahasiswa dan pelajar, tentunya suka dengan hal yang gratisan. Nah, di bulan puasa ini, semua masjid mengadakan kegiatan kajian berbuka puasa, hingga sahur bersama. Anda bisa memanfaatkan agenda ini. Namun jangan lupa juga untuk berdonasi ya, untuk membantu pelaksanaan kegiatan di masjid tersebut.

Semoga artikel tips hemat di bulan puasa ini bermanfaat. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini,silakan share.

Salam SatuLoket

 

 

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.