Pulsa Telepon Kamu Sering Habis? Ini Cara Mengatasinya

Di antara Anda para pengguna teknologi gawai, apakah pernah mengalami peristiwa di mana pulsa telepon secara tiba-tiba menyusut. Betapa menyebalkan ya, padahal penggunaan telepon belum seberapa, namun pulsa terus-menerus berkurang. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan pada gadget Anda, seperti di bawah ini:

1 . Pulsa Reguler dan Pulsa Internet

Bila Anda menggunakan seluler yang bisa mengakses internet, ada baiknya bila menggunakan dua macam pulsa: pulsa khusus internet dan aktivitas lain seperti menelepon. Dengan membedakan kedua pulsa tersebut—meski sedikit memuntut usaha—akan mengatur penggunaan pulsa lebih baik. Sebab segala aktivitas yang memerlukan koneksi internet akan pertama-tama mengambil jatah dari pulsa internet yang sudah Anda aktivasikan.

2. Cek Pengaturan di Gadget

Cek di pengaturan gadget Anda lalu matikan fitur-fitur yang tidak digunakan namun memakan data sehingga menyedot lebih banyak pulsa, seperti mengaktifkan feed berita, atau tidak menutup game. Penonaktifan fitur-fitur seperti ini selain mencegah pulsa berkurang terus-menerus, juga bisa untuk menghemat tenaga baterai.

3. Matikan Fitur Autosync.

Dengan mematikan fitur ini pulsa Anda tidak tersedot untuk melakukan sinkronisasi dan aktivitas update di banyak apps tanpa Anda kehendaki. Selain itu, autosync yang terus berjalan, tidak hanya menghabiskan pulsa, namun juga baterai.

4. UNREG SMS Premium

Provider sesekali mengirimkan sms premium ke seluler Anda. Ini saatnya untuk mengecek konten sms yang terkirim ke seluler Anda dengan lebih teliti. Sms premium biasanya dikirim oleh nomor-nomor resmi, sesekali berisikan informasi kuota dan banyak program milik provider tersebut, namun ada pula berisikan informasi random—yang tidak Anda inginkan. Maka langkah selanjutnya mengecek apakah nomor Anda terdaftar tanpa sepengetahuan Anda dalam konten-konten sms premium tersebut dengan cara mengetik sms UNREG/STOP kirim ke nomor-nomor premium dari provider tersebut.

5. Hubungi Call Center Provider

Bila masih terkendala, Anda bisa menghubungi call center resmi untuk mempertanyakan persoalan ini dan tentu saja melindungi hak Anda sebagai konsumen supaya tidak dikibuli provider terus-menerus.

6. Free Wifi

Manfaatkan free wifi bila memang tersedia di suatu tempat saat Anda ingin berselancar di dunia maya. Free wifi ini biasa dijumpai di fasilitas umum dan resto.

Keenam tips ini bisa Anda praktikkan saat pengoperasikan seluler dan semoga membantu. Have a good day!

Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.