Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

Tradisi Unik Idul Adha

Tradisi Unik Idul Adha – Setiap agama selalu memiliki tradisi sendiri dalam menyambut hari-hari besar mereka. Tidak terkecuali Hari Raya Idul Adha yang merupakan hari besar agama islam. Hari Raya Idul Adha bertepatan dengan ibadah haji yang ditunaikan oleh seluruh umat islam di Mekah. Seluruh unat islam yang berkecukupan diwajibkan untuk memyembelih hewan qurban. Pelaksanaan Idul Adha setiap negara berbeda-beda tergantung dari kondisi masyarakat negara itu sendiri. Berikut tradisi unik Idul Adha di berbagai negara:

Tradisi Unik Idul Adha di Amerika

Umum diketahui bahwa keberadaan kaum muslim di Amerika adalah sebagai masyarakat minoritas sehingga perayaan Idul Adha di negara ini terkesan agak tertutup. Pemerintah memberi ijin kepada para penganut islam untuk libur selama satu hingga tiga hari. Masyarakat muslim Amerika akan beribadah di masjid dari pagi lalu menyelenggarakan acara makan bersama. Uniknya karena pelaksanaan Iduk Adha di Amerika agak tertutup maka penyembelihan hewan qurban dilakukan di tempat-tempat pemotongan hewan. Bahkan sebagai salah satu upaya toleransi dalam keberagaman agama, Kota New York meliburkan sekolah di hari besar umat islam tersebut.

Tradisi Unik Idul Adha di Turki

Baqri Eid atau Festival Sapi adalah nama khusus yang diberikan oleh penduduk Turki sebagai sebutan untuk Perayaan Idul Adha. Jika dilihat dari arti namanya seakan-akan Idul Adha di Turki hanya akan menyembelih hewan sapi saja, tetapi sebenarnya masyarakat Turki juga melakukan penyembelihan kambing dan domba. Tradisi unik Idul Adha di Turki adalah pembagian makanan lezat disamping pembagian daging qurban dan libur selama empat hari.

Tradisi Unik Idul Adha di Singapura

Perayaan Idul Adha di Singapura terpusat di kawasan Kampong Glam dan Geylang Serai. Sama seperti perayaan Idul Adha di negara lain, Singapura merayakan Idul Adha dengan memyembelih hewan qurban dan membagikannya kepada yang hak. Uniknya Singapura juga mengadakan bazar yang meriah dan selalu ramai oleh pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Tradisi Unik Idul Adha di China

Perayaan Idul Adha selalu diawali dengan kegiatan takbiran begitu pula dengan perayaan Idul Adha di China. Namun uniknya di negara China takbiran dilakukan dengan sembari membakar Hio. Masyarakat muslim China lalu membawa Hio yang sudah dibakar ke masjid dan menancapkannya ke mangkok.Saat pelaksanaan shalat Idul Adha hanya memperbolehkan pria untuk shalat berjamaah di masjid. Selain itu masyarakat muslim China akan salimg bertukar hadiah maupun makaman antar sesama muslim dan mengadakan pasar dadakan.

Tradisi Unik Idul Adha di Bangladesh

Ketika negara lain banyak memilih sapi untuk dijadikan hewan qurban lain halnya dengan negara ini. Bangladesh lebih banyak didominasi oleh kerbau untuk dijadikan hewan qurban. Tradisi unik Idul Adha di Bangladesh ini dilakukan sebagai bentuk toleransi terhadap agama Hindu yang menyucikan hewan sapi.

Tradisi Unik Idul Adha di Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama islam. Perayaan Idul Adha di negara ini dilakukan sangat meriah berbarengan dengan ribuan umat muslim yang melakukan ibadah haji. Penyembelihan hewan qurban diselingi dengan pelaksanaan qukuf akbar di Arafah. Hewan yang sudah disembelih dibekukan lalu didistribusikan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan, seperti Somalia, Afrika Tengah, dan Timur Tengah.

Perayaan Idul Adha oleh umat muslim sebenarnya hampir sama karena inti dari seluruh tradisi tersebut adalah untuk menyembelih hewan qurban dalam rangka menghormati Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Lalu tradisi dasar dari penyembelihan hewan qurban tersebut mengalami difusi menyesuaikan dengan kondisi sosial dari masing-masing negara. Difusi tersebut lalu melahirkan tradisi unik Idul Adha di berbagai negara yang khas dan berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, setiap kota mungkin memiliki budaya yang berbeda-beda. Bagaimana di daerahmu?

Article By :