Trend Pembayaran Masa Depan: Cryptocurrency

Jaman dahulu banget, transaksi untuk mendapatkan suatu barang didapatkan melalui barter. Setelah itu, nenek moyang kita menerapkan sistem mata uang emas dan perak untuk saling bertukar. Nah, semakin lama, harga emas dan perak semakin naik, dan bergantilah dengan era koin, yang selanjutnya diterbitkanlah uang kertas yang kita miliki pada saat ini.

Di era serba digital, kini kita mengenal pembayaran melalui e-money (kartu ATM, kartu kredit, dan sebagainya), dan kemudian berkembang pembayaran dengan website dan e-wallet. Nah, bagaimanakah dengan mata uang selanjutnya?

Cryptocurrency – Mata Uang Masa Depan

Masa depan untuk mata uang selanjutnya adalah cryptocurrency. Uang mata kripto ini  diklaim merupakan mata uang paling aman, karena ketika bertransaksi, semua server akan mencatat transaksi tersebut, namun dengan kode-kode yang tidak diketahui penggunanya. Jadi sistem tracking yang digunakan lebih transparan.

Untuk jenis mata uang kripto yang telah beredar ini ada beberapa macam, misalnya: bitcoin, ripple, etherium. Cara kerjanya sendiri, cukup rumit, dimana menerapkan sistem block-chain, yaitu menggunakan kode-kode matematis, yang saling terhubung satu dengan yang lain.

Cryptocurrency didukung oleh perhitungan matematis dan bukannya kebijakan pemerintah maupun institusi keuangan. Walaupun Cryptocurrency masih bergantung pada nilai yang dipersepsikan (perceived value), layaknya mata uang pada umumnya, namun kelangkaannya didasarkan pada perhitungan matematis dan tidak dapat diatur oleh kelompok maupun orang manapun. Cryptocurrency tidak terikat pada ketersediaan barang yang bersifat fisik, seperti emas, dan tidak juga dapat dicetak secara artifisial oleh pemerintah layaknya mata uang seperti rupiah. Ini yang menjadikan lebih diterima di masyarakat dunia.

Kapan bisa dipakai di Indonesia?

Pada saat ini, uang kripto ini sudah bisa dipakai di berbagai dunia, juga di Indonesia. Namun, di Indonesia nampaknya belum terlalu populer. Selain itu, regulasi pemerintah terkait penggunaan mata uang kripto ini masih tarik ulur, sehingga belum banyak yang mau mencobanya.

Nah, jika kamu ke Bali (khususnya Kuta dan Denpasar), serta Batam, kamu akan banyak menemukan resto atau hotel yang menawarkan pembayaran dengan mata uang kripto ini. Nantinya akan ada dompet digital pertama di Indonesia yang memberikan layanan ini, yaitu Virtupeer. Rencananya dompet digital ini akan diluncurkan pada A

Artikel ini didedikasikan untuk partner kami Virtupeer – Dompet┬áDigital untuk Aset Digital

mm
Article By :

Leave a Reply

Your email address will not be published.